Informasi Umum
Dengan mengaktifkan mode tampilan Jasa, Anda akan bisa mencatat transaksi untuk produk bertipe jasa dengan lebih cepat. Mode ini akan cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis bertipe layanan, seperti laundry, car wash, dan semacamnya.
Mengaktifkan Mode Tampilan Jasa
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengaktifkan mode tampilan jasa di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga sampai di halaman utama kasir lalu tekan tombol menu di bagian atas layar
2. Pilih opsi Jasa
3. Anda akan melihat keterangan Daftar Jasa di sudut kanan atas layar. Mode Jasa berhasil diaktifkan
Mencatat Pesanan di Mode Jasa
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat pesanan di mode tampilan jasa di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga sampai di halaman utama kasir dan pastikan mode Jasa sudah aktif
2. Selanjutnya pilih produk jasa yang ingin dibeli pelanggan
3. Layar akan otomatis menampilkan pop-up Jasa. Anda wajib melengkapi semua keterangan yang dibutuhkan, termasuk di antaranya identitas pelanggan, pemesan, dan pengambil. Jangan lupa juga untuk melengkapi keterangan waktu dan tanggal selesai serta pengambilan. Terakhir, isikan catatan tambahan jika dirasa perlu.
4. Pastikan semua keterangan yang dimasukkan sudah benar, lalu tekan Order
5. Tekan Simpan
6. Akan muncul pop-up Buat Struk. Di sini Anda bisa memberikan tanda ceklis pada beberapa opsi yang tersedia sesuai kebutuhan:
- Cetak Struk: Mencetak struk bukti order jasa
- Email struk: Mengirimkan struk digital bukti order jasa ke email pelanggan
- Whatsapp: Mengirimkan struk digital bukti order jasa ke kontak Whatsapp pelanggan
- SMS: Mengirimkan struk digital bukti order jasa via SMS
Namun demikian, Anda juga bisa melewati langkah ini dengan menekan tanda X atau Lewati
7. Order jasa berhasil disimpan
Mengubah Status Pesanan di Mode Jasa
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengubah status pesanan di mode jasa, menyesuaikan dengan progress pengerjaannya:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga sampai di halaman utama kasir dan pastikan mode Jasa sudah aktif
2. Tekan Daftar Jasa di sudut kanan atas
3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Jasa. Tekan nomor transaksi yang ingin diubah statusnya.
4. Akan muncul pop-up Jasa. Gulirkan layar ke bawah hingga Anda melihat bagian Pilih Status.
5. Ubah status sesuai dengan progress pesanan
6. Gulirkan layar ke atas dan tekan Simpan
7. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa status pesanan telah berhasil diubah. Selain itu, Anda juga akan kembali mendapatkan opsi untuk mencetak struk melalui pop-up Buat Struk. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan atau Anda bisa tekan Lewati untuk melewati langkah ini.
8. Status pesanan akan berubah sesuai dengan opsi yang Anda pilih di langkah ke-5
9. Ulangi langkah 1-6 untuk mengubah status pesanan sesuai dengan progress di lapangan
Memproses Pembayaran Pesanan di Mode Jasa
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses pembayaran pesanan di mode Jasa:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga sampai di halaman utama kasir dan pastikan mode Jasa sudah aktif
2. Tekan Daftar Jasa di sudut kanan atas layar
3. Setelah masuk halaman Daftar Jasa, tekan nomor transaksi yang ingin diproses pembayarannya
4. Begitu pop-up Jasa, tekan Bayar di sudut kanan atas layar
5. Anda akan diarahkan ke halaman Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan pilihan pelanggan, lalu tekan Proses Bayar
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi transaksi selesai
Membatalkan Order Jasa
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membatalkan order jasa melalui mode Jasa di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga sampai di halaman utama kasir dan pastikan mode Jasa sudah aktif
2. Tekan Daftar Jasa
3. Tekan nomor transaksi yang ingin dibatalkan
4. Setelah muncul pop-up Jasa, tekan Detail
5. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail Order. Lanjutkan dengan tekan Batalkan
6. Akan muncul pop-up Batalkan Pesanan. Lakukan pengaturan otorisasi serta alasan pembatalan, lalu tekan Proses.
7. Muncul pop-up Konfirmasi Pembatalan, tekan Lanjutkan
8. Pembatalan pesanan berhasil