Informasi Umum
Melalui halaman Permintaan Stok, kasir yang bertugas bisa mencatat transaksi permintaan barang ke outlet lain. Anda bisa menggunakan fitur ini ketika stok produk di cabang yang dikelola sedang habis dan ingin melakukan pengiriman dari cabang berbeda. Contoh: Stok beras di Maken Chicken cabang Prapanca sedang habis, maka kasir bisa melakukan permintaan pengiriman beras dari Maken Chicken cabang Antasari - yang kebetulan sedang kelebihan stok beras.
Pada artikel ini, Anda akan menemukan semua informasi yang Anda butuhkan untuk menggunakan fitur-fitur di halaman Permintaan Stok.
Membaca Riwayat Permintaan Stok
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membaca riwayat transaksi permintaan stok melalui halaman Permintaan Stok di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar

3. Pilih opsi Inventori

4. Setelah masuk halaman Inventori, pilih opsi Permintaan Stok

5. Layar akan menampilkan daftar riwayat permintaan stok yang pernah terjadi di outlet terkait, lengkap dengan keterangan nomor permintaan, outlet penerima, outlet pengirim, catatan tambahan, status dan nama pembuat permintaan

6. Sebagai informasi tambahan, terdapat total lima status berbeda yang bisa tampil di layar:
- Diajukan: Permintaan stok sudah diajukan, namun belum dikonfirmasi oleh outlet pengirim
- Proses sebagian: Permintaan stok sudah diproses, namun jumlah stok yang diterima masih kurang dari jumlah yang diminta
- Selesai: Permintaan stok sudah selesai diproses dan jumlah stok yang diterima sesuai dengan jumlah yang diminta
- Void: Permintaan stok dibatalkan oleh outlet yang mengajukan
- Draf: Catatan permintaan stok disimpan sebagai draft oleh outlet yang mengajukan

7. Gunakan filter kalender di sudut kiri atas untuk menampilkan catatan riwayat permintaan stok dari periode waktu tertentu

8. Gunakan search bar di sudut kanan atas layar untuk melakukan pencarian catatan riwayat permintaan stok dengan meng-input nomor permintaan

Melakukan Permintaan Stok
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan permintaan stok melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga masuk ke halaman utama kasir

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar

3. Pilih opsi Inventori

4. Pilih opsi Permintaan Stok

5. Tekan Tambah Permintaan Stok

6. Setelah masuk halaman Tambah Permintaan Stok, mulailah dengan memasukkan nomor catatan permintaan stok. Anda bisa menggunakan nomor yang sudah terisi secara default oleh sistem atau mengubahnya sendiri sesuai kebutuhan outlet.

7. Pilih Outlet Penerima. Sebagai informasi tambahan, user dengan hak akses Owner/Admin bisa melihat semua outlet yang sudah terdaftar. Sementara itu, user dengan hak akses Manager hanya akan bisa melihat outlet yang sudah di-assign untuknya.

8. Pilih Outlet Pengirim

9. Isikan Tanggal Permintaan dan Waktu Permintaan

10. Tambahkan notes tambahan di bagian Catatan jika dirasa perlu

11. Tekan di tab Produk

12. Tekan Atur Produk

13. Pilih jenis stok produk yang dibutuhkan, lalu tekan Simpan

14. Lanjutkan dengan mengatur Jumlah Permintaan dan Satuan sesuai kebutuhan

15. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Simpan

17. Lakukan konfirmasi dengan tekan Ya, Lanjutkan

18. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman awal dan mendapatkan pemberitahuan berhasil di bagian bawah layar

Melakukan Void atau Pembatalan Permintaan Stok
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan void atau pembatalan permintaan stok melalui halaman Permintaan Stok di aplikasi kasir majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar

3. Pilih opsi Inventori

4. Pilih opsi Permintaan Stok

5. Tekan Detail di catatan permintaan stok yang ingin dibatalkan atau di-void. Sebagai catatan tambahan, Anda hanya bisa melakukan void untuk permintaan stok dengan status ‘Diajukan’
6. Setelah masuk halaman Detail Permintaan Stok, tekan Void di sudut kanan atas layar
7. Lakukan konfirmasi dengan tekan Ya, Lanjutkan
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan berhasil di bagian bawah layar
9. Status permintaan stok terkait akan berubah menjadi Void
Memproses Permintaan Stok (Kirim)
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti sebagai outlet pengirim untuk memproses permintaan stok yang diajukan dari aplikasi POS majoo:
1. Login ke dashboard majoo sebagai outlet pengirim dan pilih opsi Penjualan - Inventori - Mutasi Antar Outlet - Kirim Stok

2. Klik Tambah Kirim Stok

3. Setelah masuk halaman Tambah Stok Masuk. Pada bagian Pilih Sumber, pilih opsi Referensikan Permintaan Stok

4. Atur Outlet Asal

5. Klik tanda titik tiga di bagian No. Permintaan Stok

6. Layar akan menampilkan daftar catatan permintaan stok, baik yang dibuat melalui dashboard maupun aplikasi POS. Pilih nomor permintaan yang ingin diproses, lalu klik Simpan.

7. Isikan Nomor Mutasi. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan outlet atau mengikuti format default dari sistem.

8. Berikan Catatan tambahan sesuai kebutuhan outlet

9. Fokus ke bagian Daftar Barang, lalu atur Jumlah Dikirim dan Satuan

10. Pada bagian Kirim Stok, pilih opsi Kirim

11. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu klik Simpan

12. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman semula dan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, status pengajuan pengiriman stok akan berubah menjadi In Transit

Menutup Permintaan Stok dengan Status Proses Sebagian
Anda juga bisa menutup permintaan stok dengan status ‘proses sebagian’. Fitur ini berguna untuk menyelesaikan pengajuan permintaan stok meskipun jumlah stok yang diterima dari outlet pengirim masih kurang dari yang diminta.
Contoh kasus: Maken Chicken cabang Prapanca meminta pengiriman stok beras 10kg ke Maken Chicken cabang Antasari. Pada pengiriman pertama sudah ada 5kg beras dikirim dan ternyata jumlah tersebut sudah memenuhi kebutuhan. Maken Chicken cabang Prapanca akhirnya memutuskan untuk menutup permintaan stok yang sebelumnya sudah diajukan.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menutup permintaan stok dengan status ‘proses sebagian’ melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo sebagai outlet yang mengajukan permintaan stok. Tunggu hingga Anda masuk ke halaman utama kasir.

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar

3. Tekan opsi Inventori

4. Pilih opsi Permintaan Stok

5. Tekan Detail di catatan permintaan stok dengan status Proses Sebagian

6. Setelah masuk halaman Detail Permintaan Stok, tekan Tutup Permintaan Stok di sudut kanan atas layar

7. Lakukan konfirmasi dengan tekan Ya, Lanjutkan

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman semula dan mendapatkan pesan ‘tutup permintaan stok berhasil’ di bagian bawah layar

Mencetak Dokumen Permintaan Stok
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencetak dokumen permintaan stok melalui aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo hingga Anda masuk ke halaman utama kasir

2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar

3. Pilih opsi Inventori

4. Tekan opsi Permintaan Stok

5. Tekan Detail di catatan permintaan stok yang ingin dicetak dokumennya

6. Pastikan perangkat yang Anda gunakan sudah terkoneksi dengan printer, lalu tekan Kirim/Cetak

7. Layar akan otomatis menampilkan layout cetak dan Anda bisa langsung melanjutkan proses cetak dokumen permintaan stok
