search icon
Navigasi Kasir
Mode Grid
Mode SKU
Mode E-Commerce
Mode Table
Mode Reservasi
Mode Buku Menu
Mode Kitchen Display
Mencatat Pesanan
Mencatat Reservasi
Notifikasi Reservasi
Tambah Reservasi
Tambah Reservasi dengan Data Tambahan
Appointment
Memproses Pembayaran
Mengaplikasikan Promo
Laporan Aplikasi Kasir
Void
Refund
Sinkronisasi

Informasi Umum

Dengan mengaktifkan Mode Reservasi, Anda bisa melakukan pencatatan transaksi jasa dengan mendetail. Hal ini termasuk informasi terkait penerima jasa, pemberi layanan, dan jenis layanan yang dipilih. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam mengatur reservasi yang masuk dari pelanggan, mengingatkan karyawan yang akan bertugas, dan mencatat jumlah pesanan. 

Aktivasi dan Navigasi Mode Reservasi

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan dan melakukan navigasi di tampilan Mode Reservasi di aplikasi POS majoo: 

1. Pastikan Anda sudah menggunakan aplikasi POS majoo versi terbaru dan membayar untuk paket berlangganan Prime atau Prime Plus

2. Lakukan login ke dashboard. Setelah masuk ke halaman utama, tekan tombol menu di sudut kanan atas layar

3. Selanjutnya pilih Mode Reservasi 

4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke tampilan mode reservasi yang disajikan dalam bentuk time table. Terdapat informasi jam di bagian sisi kiri layar dan daftar nama pegawai/penyedia jasa di bagian atas. Sementara itu, reservasi yang sudah dibuat akan ditampilkan sebagai blok, lengkap dengan nama pelanggan, jam reservasi, dan layanan yang dipilih. 

5. Untuk mengubah tampilan time table menjadi mingguan, tekan opsi kategori di bagian atas layar dan pilih Mingguan. Jika dilakukan dengan benar, tampilan akan otomatis berubah ke tampilan kalender mingguan. 

6. Tekan opsi yang sama sekali lagi dan pilih Bulanan untuk mengganti ke tampilan bulanan

7. Tekan tombol tampilan di sudut kiri layar untuk mengubah tampilan mode reservasi menjadi tampilan list atau daftar

8. Jika dilakukan dengan benar, layar akan berubah menjadi tampilan list. Semua reservasi yang masuk akan disajikan dalam bentuk daftar dan dikategorikan berdasarkan nama karyawan

Mencatat Reservasi 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat reservasi baru melalui tampilan Mode Reservasi di aplikasi POS majoo: 

 

1. Login ke dashboard majoo dan aktifkan Mode Reservasi

2. Tap jadwal kosong di mode kalender atau tekan tanda plus ‘+’ 

3. Tekan opsi Tambah Reservasi

4. Masukkan detail informasi pesanan, termasuk di antaranya nama pelanggan, dan metode pemesanan. Anda tinggal pilih dari daftar pelanggan yang sudah tersimpan di dashboard maupun memilih salah satu opsi yang tersedia di layar. 

5. Selanjutnya masuk ke tab Layanan dan lengkapi keterangan jenis layanan, harga layanan, jam mulai, jam selesai, gender penyedia jasa, dan penyedia jasa. Anda bisa menambahkan keterangan jika dibutuhkan. 

6. Ketika menekan bagian jenis layanan Anda akan bisa memilih daftar produk layanan yang sebelumnya sudah dibuat di dashboard 

7. Tap salah satu produk layanan dan Anda akan diminta untuk memilih detail penyedia jasa, grade, serta ekstra - tergantung pada pengaturan produk layanan yang sudah Anda buat di dashboard

8. Lanjutkan dengan menekan tab Pengingat. Di sini Anda bisa memilih untuk mengirimkan notifikasi pengingat reservasi kepada pemesan di 1, 2, atau 3 hari sebelum reservasi. Anda juga bisa memilih apakah reminder akan dikirimkan melalui SMS, Whatsapp, atau Email. 

9. Lanjutkan dengan tap bagian Ringkasan Pesanan. Di sini Anda bisa membaca secara lengkap rangkuman dari semua informasi yang sudah dimasukkan sebelumnya. Pastikan semua data dan keterangan sudah benar, sebelum kemudian Anda menekan tombol Simpan

10. Anda akan mendapatkan pesan pop-up yang mengarahkan Anda untuk mengirimkan notifikasi reservasi berhasil ke kontak Whatsapp pelanggan. Tekan Kirim Notifikasi dan Anda akan diarahkan ke aplikasi Whatsapp untuk mengirim pesan notifikasi berhasil ke customer

11. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis mengirim pesan notifikasi ke kontak Whatsapp customer

12. Tutup aplikasi Whatsapp dan Anda akan otomatis kembali ke aplikasi POS majoo. Pada bagian bawah layar, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa reservasi telah berhasil dibuat. Selain itu, time table di hari dan jam terkait akan terisi. 

Mencatat Reservasi dengan Data Formulir 

Bagi Anda yang sudah melakukan pengaturan data kepemilikan maupun data tambahan dan mencantumkan formulir yang perlu diisi berulang, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengisi data formulir saat mencatat reservasi: 

1. Masuk ke aplikasi majoo dan aktifkan Mode Reservasi

2. Tap di bagian time table yang masih kosong atau tekan tanda +

3. Pilih opsi Tambah Reservasi

4. Setelah masuk ke halaman Tambah Reservasi, tekan di bagian Pilih Pelanggan

5. Setelah masuk ke halaman Daftar Pelanggantap salah satu nama pelanggan lalu tekan Pilih Pelanggan

6. Jika Anda sudah melakukan pengaturan data kepemilikan sebelumnya, Anda bisa mengatur apakah pelanggan bersangkutan yang akan menerima layanan atau objek yang telah diatur di data kepemilikan (mis: kucing, mobil, anjing, dll)

7. Lanjutkan dengan mengisi keterangan tanggal, pengingat reservasi, dan metode pengiriman reservasi

8. Lanjutkan dengan mengisi keterangan jenis layanan, jam mulai, jam selesai, gender penyedia jasa, dan penyedia jasa. Tambahkan catatan jika diperlukan. 

9. Jika layanan yang diberikan melibatkan produk tertentu, Anda bisa menekan tombol Tambah Produk untuk menambahkan produk terkait ke dalam catatan reservasi

10. Tekan tanda + untuk menambah layanan lainnya. Fitur ini akan berguna jika pelanggan memesan lebih dari dua jenis produk layanan sekaligus. 

11. Tekan tombol List Pesanan untuk membaca detail reservasi yang dibuat. Di sini Anda bisa memeriksa bahwa semua data yang dimasukkan sudah benar. 

12. Setelah yakin bahwa semua data sudah benar, kembali ke tab Layanan dan tekan tombol Simpan 

13.  Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengirim notifikasi reservasi berhasil ke Whatsapp customer. Tekan Kirim dan Anda akan secara otomatis diarahkan ke aplikasi Whatsapp. 

14. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan bisa mengirim pesan reservasi berhasil dibuat ke kontak Whatsapp pelanggan terkait

15. Tutup aplikasi Whatsapp dan Anda akan mendapatkan notifikasi di bawah layar yang menyebutkan bahwa reservasi berhasil dibuat

16. Selanjutnya tekan reservasi yang sudah dibuat dan pilih Detail Reservasi

17. Setelah masuk halaman Detail Reservasiklik tombol Isi Formulir yang ada di sudut kanan bawah layar

18. Anda akan secara otomatis diarahkan ke halaman Isi Formulir. Lanjutkan dengan tekan tulisan Data Tambahan.

19. Isi keterangan tambahan sesuai dengan pengaturan data tambahan maupun data kepemilikan yang sudah Anda buat di dashboard sebelumnya, lalu tekan Submit

20. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Detail Reservasi dan mendapatkan notifikasi di bagian bawah layar yang menyebutkan bahwa pengisian data formulir telah berhasil dilakukan

 

Semua data formulir yang dimasukkan nantinya akan bisa dibaca oleh penyedia layanan melalui menu Appointment di dashboard dan menjadi pertimbangan dalam memutuskan treatment apa yang akan diberikan. Fitur ini akan bermanfaat jika Anda menjalankan bisnis yang membutuhkan proses diagnosa dan tindakan (mis: klinik kecantikan, perawatan hewan peliharaan, dan lain sebagainya).

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo