Whatsapp
Chat 24 jam Hubungi Kami

Table of Content

    10 Ide Bisnis Gila Anti Mainstream, Auto Cuan!

    Ide bisnis gila memang sangat kreatif dan out of the box.

    Sekarang ini, berbagai ide bisnis level kecil tengah menggeliat, bahkan mulai berkembang. Beberapa di antaranya dapat dikatakan unik dan jarang terpikirkan oleh orang pada umumnya.

    Impian banyak orang yaitu entrepreneur di usia muda, termasuk kamu juga, kan? Untuk bisa menjadi entrepreneur sukses, kamu tentu membutuhkan ketekunan dan usaha yang kuat. Apalagi, persaingan bisnis yang sengit juga menjadi tantangan tersendiri.

    Tapi, bukan anak muda namanya jika tidak memiliki ide gila, kreatif, dan unik. Bahkan, banyak juga entrepreneur muda yang sukses berkat ide bisnis gila yang dijalaninya, lho! Ide bisnis gila di sini artinya bisnis yang kreatif dan out of the box. Banyak pula orang yang tidak menyangka jika ide bisnis ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menghasilkan cuan.

    Jika mendengarnya, mungkin kamu juga akan tertarik mencobanya, nih! Terkadang dianggap tak wajar karena tidak pada umum dilakukan. Tapi, ternyata ada saja ide bisnis gila, kreatif, dan unik yang bisa menghasilkan cuan di luar dugaan. Berikut ini rekomendasi ide bisnis gila yang sukses bagi kamu yang ingin mencobanya. Yuk, simak sampai habis, ya!

    Bisnis Makanan Khusus untuk Berduka Cita

    Contoh ide bisnis gila yang pertama yaitu bisnis makanan khusus untuk berduka cita. Bisnis ini awal mulanya hadir di Amerika Serikat. Penjual akan menyediakan makanan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang berkabung. Tentu hal tersebut berbeda dengan budaya yang ada di Indonesia. Jika di Indonesia, keluarga yang sedang berkabung menyediakan makanan untuk para pelayat.

    Padahal, pada kenyataannya orang yang tengah berduka cita biasanya mengalami stres hingga depresi. Untuk menghiburnya, kerabat dekat akan mengirimkan makanan lezat dan sehat untuk keluarga yang sedang berduka. Tentu saja, bisnis ini menawarkan kebaikan dan sepertinya bisa laku juga di Indonesia. 

    Bisnis Toko Barang Mantan

    Jika di Yogyakarta terdapat Festival Melupakan Mantan, kamu juga bisa membuat bisnis toko barang mantan, lho! Konsep bisnis ini yaitu menerima dan membeli barang mantan dari seseorang. Setelah itu, barang tersebut dijual kembali pada toko fisik atau toko online.

    Konsep yang digunakan sering disebut preloved. Kalau barang mantan tersebut mempunyai backstory yang berkesan dan emosional, kamu bisa menceritakannya pada deskripsi produk, lho! Wah, menarik, ya?

    Banyak orang yang tidak menyangka jika ide bisnis gila bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

    Bisnis Restoran Konsep Vending Machine

    Bisnis kuliner bisa dikatakan bisnis yang mempunyai prospek menjanjikan dan tidak ada matinya. Namun, persaingan bisnis kuliner saat ini cukup tinggi. Guna menghadirkan inovasi baru, kamu bisa mengadopsi ide bisnis dari luar negeri yang belum ada di Indonesia, yaitu restoran dengan konsep vending machine.

    Dengan menggunakan vending machine, pembeli tidak perlu lagi memesan makanan lewat kasir atau waitress. Kamu juga tak perlu mengeluarkan budget untuk membayar kasir.

    Lantas, bagaimana konsep penggunaan vending machine dalam bisnis kuliner yang lagi tren di luar negeri ini?

    Nantinya, vending machine akan diletakkan di depan restoran, lalu pembeli akan memilih menu dari mesin dan melakukan pembayaran. Selanjutnya, pesanan makanan akan langsung diproses dan kemudian diantar ke meja customer.

    Baca juga: Inilah 7 Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula!

    Bisnis Kertas Sertifikat Saham dan Obligasi Lama

    Hobi mengoleksi kertas sertifikat saham dan obligasi dikenal dengan istilah scripophily. Scripophily dipercaya akan menjadi hobi yang berkembang di masa depan. Mengoleksi kertas sertifikat saham dan obligasi lama sama menariknya dengan mengoleksi uang kuno, perangko, dan lainnya.

    Sertifikat dilihat berharga karena beberapa faktor, antara lain umur, sejarah, gambar, estetika, pengelompokan industri, kondisi kertas sertifikat yang baik, jumlahnya yang sangat terbatas, tanda tangan orang yang terkenal pada masa itu, dan keaslian sertifikat.

    Beberapa tahun terakhir ini, kertas sertifikat saham dan obligasi telah ditinggalkan karena komputer dianggap sangat tepat untuk menyimpan catatan kepemilikan dan keamanan dalam bertransaksi dibanding menyimpannya dalam bentuk kertas. Dihapusnya kertas sertifikat saham dan obligasi menjadikannya harganya semakin mahal karena kertas tersebut tentunya menjadi barang langka.

    Bisnis membeli dan menjual kertas sertifikat saham dan obligasi merupakan aktivitas yang menyenangkan dan menjadi bisnis menguntungkan bagi banyak orang. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai suatu karya seni yang unik. Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani bisnis ini sekaligus mencari harta karun yang terlupakan, sebagai alternatif, kamu bisa mengunjungi Stock Search International, ya!

    Bisnis Anger Room

    Kerap kali kamu menahan rasa marah dan stres, kan? Adanya perasaan marah dan stres yang dipendam terlalu lama menyebabkan kamu cenderung ingin merusak sesuatu. Namun, kini tak perlu khawatir lagi, pasalnya ada sebuah ruangan khusus untuk bisa merusak barang sepuasnya, namanya anger room. Ruangan berbayar ini cukup populer di Amerika Serikat karena bisa membantu seseorang melampiaskan marah dan stresnya. 

    Bisnis Curhat

    Apakah kamu pernah mendengar rental curhat? Bagi kamu yang belum tahu, di Jepang ternyata ada bisnis yang menawarkan jasa curhat alias jasa mendengarkan cerita orang dan memberikan solusi. Jasa yang dijalankan oleh Takanobu Nishimoto ini berawal pada tahun 2012 dengan nama Ossan Rental. Cara kerja yang dilakukan Takanobu ini cukup sederhana, kok!

    Jadi, pria paruh baya ini siap mendengarkan keluhan orang yang datang padanya, melakukan pekerjaan rumah, atau menawarkan nasihat hidup. Untuk menikmati jasanya, orang yang ingin menggunakan jasanya cukup merogoh kocek Rp134 ribu per jam.

    Baca juga: Konsep Bisnis yang Perlu Dipahami Pebisnis 

    Bisnis Tanaman Menggunakan Listrik

    Yang masuk ke dalam 10 ide bisnis gila yaitu bisnis tanaman menggunakan listrik. Jenis bisnis ini sudah diterapkan di Amerika Serikat dengan cara menanam tanaman dalam ruangan tertutup dengan memanfaatkan tenaga listrik.

    Konsep bisnis ini tidak hanya berguna bagi masyarakat yang ingin memelihara tanaman, tapi hanya memiliki lahan sempit, terlebih bagi orang yang tinggal di apartemen atau perumahan yang tidak memiliki banyak lahan. Metode menanam tanaman menggunakan tenaga listrik ini juga sangat cocok untuk dimanfaatkan, karena tidak membutuhkan peralatan khusus untuk menjalankannya.

    Untuk menggunakannya pun cenderung sangat mudah yaitu cukup dengan memasukkan air satu kali dalam sehari, lalu hubungkan dengan listrik dengan kapsul pintar. Di dalam kapsul tersebut sudah dilengkapi dengan pupuk serta biji tanaman.

    Bisnis Cleaning After Party

    Di Indonesia, tim untuk membersihkan tempat setelah selesai pesta yaitu panitia yang mengadakan pesta, kan? Hal itu tentu melelahkan karena para panitia sudah menyiapkan acara dari jauh hari dan di akhir acara harus lanjut bebersih.

    Area atau lokasi setelah pesta biasanya kotor dan membuat orang malas untuk membersihkannya. Nah, di sinilah peluang usaha yang bisa kamu peroleh!

    Bisnis cleaning after party sangat dibutuhkan jika dibuka di Indonesia. Kamu bisa membuka bisnis ini dengan modal cukup. Hal yang perlu kamu lakukan yakni jangan lupa untuk mempromosikan bisnismu melalui media online maupun Word of Mouth (WOM).

    Bisnis Course Anti Gaptek

    Bisnis satu tergolong 10 ide bisnis gila kreatif dan unik serta belum banyak orang yang mencobanya. Bisnis ini beda dari yang lain karena sasaran penggunanya adalah orang tua yang tidak mudah paham dengan berbagai hal tentang kemajuan di era digital ini.

    Untuk memulai usaha ini pun, kamu perlu beberapa tools, misalnya smartphone, laptop, internet, dan akun sosial media. Soal biaya, kamu bisa mematok harga tidak terlalu mahal, karena target audiens bisnismu orang tua yang tidak paham kemajuan di era revolusi industri 4.0.

    Baca Juga: 14 Ide Bisnis Kuliner yang Menjanjikan Keuntungan Besar 

    Bisnis Jual Cincin Pernikahan Bekas

    Bisnis gila yang terakhir yaitu menjual cincin pernikahan bekas. Konsep dari bisnis ini, kamu bisa membeli cincin bekas pernikahan dari orang lain yang membutuhkan uang atau kamu juga bisa bekerja sama dengan beberapa toko perhiasan yang mau menerima cincin pernikahan yang sudah kamu beli dari orang lain.

    Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuka Bisnis Gila

    Memang membuka bisnis baru yang berbeda dari lainnya akan menguntungkanmu karena persaingan bisnis sangat sedikit. Akan tetapi, ada banyak hal lain yang perlu kamu pertimbangkan dan persiapkan saat akan memulai bisnis dari nol, misalnya seperti berikut ini.

    • Memahami tujuan bisnis yang dijalani.
    • Pesan yang ingin dilekatkan pada produk.
    • Memahami target audiens dan market.
    • Memiliki produk yang menarik dan beda dari lainnya. 

    Penutup

    Itulah 10 ide bisnis gila yang bisa kamu dijadikan inspirasi untuk membuat bisnis baru beda dari lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa pertimbangan dan persiapan sebelum memulai bisnis baru.

    Walaupun bisnis milikmu masih baru dan kecil, tapi kamu membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik. Kini, kamu tidak perlu bingung untuk membuat laporan keuangan, karena sudah ada aplikasi wirausaha all in one yang akan membantu kamu sebagai pebisnis rintisan dalam membuat laporan keuangan yang lengkap dan akurat dan aplikasi tersebut bernama majoo

    Aplikasi majoo sudah digunakan oleh puluhan ribu #majoopreneurs untuk membantu segala operasional bisnis. Selain itu, aplikasi majoo mempunyai beragam fitur menarik yang bisnismu butuhkan, lho!

    Jika kamu ingin membaca lebih lengkap terkait tips bisnis dan keuangan, baca di sini!

    Tunggu apa lagi?

    Yuk, gunakan aplikasi majoo segera!

    Download Majalah

    Cover majalah wirausaha Indonesia
    Lihat semua edisi

    Download Ebook

    Cover Ebook
    Lihat semua edisi

    Related Article

    Kwitansi adalah: Pengertian, Contoh, Format
    Kwitansi adalah bukti pembayaran yang sah dari sebuah transaksi. Dalam bisnis, ternyata ada berbagai jenis dan contoh kwitansi yang biasa digunakan.
    Kliring adalah: Pengertian, Mekanisme, Jenis, Contoh
    Kliring adalah metode pemindahan uang dari satu rekening ke rekening lain kepada yang berhak dan menunggu 2-3 hari kerja setelah proses kliring diajukan. 
    Kenalan dengan Cloud Computing dan Fungsinya Bagi Bisnis
    Dalam dunia bisnis, kehadiran cloud computing adalah sebuah gerakan peralihan ke sistem kerja yang lebih praktis, efisien, dan terkomputerisasi.
    Apa Iya Micro Influencer adalah Andalan Pemasaran Digital?!
    Bagi yang belum tahu, micro influencer adalah salah satu andalan untuk menjamin berhasilnya kegiatan pemasaran digital. Kok, bisa?! Simak, yuk!