search icon
Invoice
Penawaran Penjualan
Pesanan Penjualan
Pengiriman Penjualan
Invoice
Penerimaan Penjualan
Sinkronisasi

Informasi Umum

Melalui halaman Mutasi Antar Outlet, Anda bisa melakukan permintaan pengiriman stok maupun melakukan pencatatan transfer stok dari satu outlet ke outlet lainnya. 

Melakukan Permintaan Stok

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan permintaan pengiriman stok ke outlet lain:

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Inventori > Mutasi Antar Outlet > Permintaan Stok

2. Selanjutnya Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Permintaan Stok. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan Anda sudah melakukan pengaturan permintaan stok melalui menu PengaturanKlik di link berikut untuk informasi lebih lanjut. 

3. Mulailah dengan klik Tambah Pengiriman Stok

4. Selanjutnya Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Permintaan Stok. Anda bisa mulai dengan mengatur outlet penerima, outlet pengirim, dan membuat catatan tambahan untuk permintaan stok terkait. 

5. Lanjutkan dengan mengatur tanggal dan jam permintaan penerimaan stok

6. Berikutnya klik Pilih Produk

7. Berikan tanda ceklis pada produk sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik Simpan

8. Selanjutnya lakukan pengaturan jumlah permintaan stok dan satuan yang digunakan

9. Setelah yakin dengan semua pengaturan yang dilakukan, klik Simpan 

10. Layar akan menampilkan jendela pop-up, lalu klik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

11. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman sebelumnya dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, permintaan stok yang baru saja dibuat akan tercatat dengan status Diajukan

12. Untuk membaca detail pengajuan permintaan stok, Anda bisa klik ikon berbentuk mata

13. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Detail Permintaan Stok, di mana Anda bisa membaca beberapa detail seperti nomor permintaan, outlet penerima, outlet pengirim, catatan, tanggal, status, dan daftar produk. 

14. Tekan Tutup untuk kembali ke halaman awal 

15. Jika karena beberapa alasan Anda ingin membatalkan permintaan stok, klik Void di sudut kiri bawah layar

16. Layar akan menampilkan jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

17. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman awal dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, pengajuan permintaan stok yang baru saja di-void akan tercatat dengan status void

Menutup Permintaan Stok

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menutup permintaan stok melalui dashboard majoo:

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan - Inventori - Mutasi Antar Outlet - Permintaan Stok

2. Klik ikon berbentuk mata di catatan permintaan stok yang ingin ditutup. Sebagai catatan, Anda hanya bisa menutup permintaan stok dengan status Diajukan atau Proses Sebagian (baru dikirim sebagian dari jumlah yang diajukan)

3. Tekan tombol Tutup Permintaan Stok di sudut kiri bawah layar

4. Lakukan konfirmasi dengan klik Ya, Lanjutkan

5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan pesan berhasil di sudut kanan atas layar

Melakukan Pengiriman Stok

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pengiriman stok melalui dashboard majoo: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Inventori > Mutasi Antar Outlet > Kirim Stok

2. Setelah masuk ke halaman Kirim Stokklik Tambah Kirim Stok

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Mutasi Stok. Di sini Anda bisa mulai dengan menentukan Sumber Stok. Anda bisa pilih Tanpa Referensi Permintaan (melakukan input formulir secara manual) atau Referensikan Permintaan Stok (formulir akan otomatis terisi berdasarkan pengajuan permintaan stok yang pernah dibuat). 

Pada contoh kali ini kita akan memilih opsi ke-2, yakni Referensikan Permintaan Stok

4. Lanjutkan ke bagian Detail Kirim Stok dan lakukan pengaturan outlet asal. Jika Anda memilih Referensikan Permintaan Stok di langkah sebelumnya, pilih outlet asal sesuai dengan pengaturan yang dibuat saat mengatur permintaan stok. 

5. Jika Anda memilih opsi Referensikan Permintaan Stok, lanjutkan dengan klik tanda titik tiga di bagian No Permintaan Stok. 

6. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Daftar Permintaan Stok. Pilih nomor pengajuan permintaan stok yang sesuai, lalu klik Simpan.

7. Nomor mutasi akan otomatis terisi oleh sistem. Selanjutnya tambahkan catatan jika diperlukan. 

8. Berikutnya gulirkan layar ke bawah dan klik Atur Barang

9. Pilih produk yang sesuai, lalu klik Simpan

10. Selanjutnya tentukan jumlah produk yang dikirim dan satuan yang digunakan

11. Terakhir, pada bagian Kirim Stok pilih opsi Kirim atau Tolak (jika permintaan pengiriman ditolak)

12. Pastikan semua pengaturan yang dibuat sudah benar, lalu klik Simpan 

13. Layar akan menampilkan jendela pop-upKlik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

14. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Kirim Stok. Sementara itu, aktivitas pengiriman stok akan tercatat sebagai In Transit atau sedang dalam proses transit untuk dikirimkan ke outlet lain. 

Melakukan Penerimaan Mutasi Stok 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menerima mutasi stok dari outlet lain: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Inventori > Mutasi Antar Outlet > Terima Mutasi Stok

2. Setelah masuk ke halaman Terima Mutasi Stokklik Tambah Terima Mutasi Stok di sudut kanan atas layar

3. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Tambah Terima Mutasi Stok. Mulailah dengan klik tanda titik tiga di bagian Nomor Mutasi.

4. Selanjutnya pilih mutasi barang yang ingin diterima dan klik Simpan

5. Lanjutkan dengan klik Atur Barang Diterima

6. Berikan tanda ceklis pada produk yang sesuai, lalu klik Simpan

7. Lanjutkan dengan mengatur Jumlah Diterima dan menambahkan catatan. Pada bagian Terima Stok, pilih opsi Terima (jika barang diterima), Buang (jika stok barang dianggap cacat atau rusak dan harus dibuang), atau Tolak (jika kiriman barang ditolak dan akan dikembalikan ke outlet asal). 

Setelah yakin dengan semua pengaturan yang dibuat, klik Simpan

8. Layar akan menampilkan jendela pop-upKlik Ya, Lanjutkan untuk melanjutkan ke proses berikutnya. 

9. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Terima Mutasi Stok dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Sementara itu, stok yang baru diterima akan tercatat sebagai Selesai

10. Klik ikon berbentuk mata untuk membaca detail catatan penerimaan mutasi stok

11. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Ubah Terima Mutasi Stok

12. Klik Void untuk membatalkan pengiriman stok. Jika muncul jendela pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman awal dan mendapatkan notifikasi pengiriman stok berhasil dibatalkan. 

Membaca Daftar Stok Transit

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membaca daftar stok barang yang sedang dalam proses transit: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Penjualan > Inventori > Mutasi Antar Outlet > Stok Transit

2. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Stok Transit. Layar akan otomatis menampilkan daftar stok barang yang sedang dalam proses transit, lengkap dengan nomor mutasi, tanggal, outlet asal, outlet tujuan, deskripsi, dan status

3. Klik ikon berbentuk mata untuk membaca detail dari stok transit terkait

4. Layar akan menampilkan detail stok transit, lengkap dengan informasi jumlah barang, dan tanggal. Klik Tutup untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

5. Gunakan filter untuk menampilkan daftar stok transit berdasarkan tanggal atau periode tertentu

Format Nomor Transaksi di Fitur Inventori

Secara default sistem majoo akan menerapkan nomor transaksi berurutan untuk memudahkan Anda dalam melakukan pelacakan aktivitas transaksi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait hal tersebut: 

1. Format nomor transaksi yang digunakan di majoo adalah sebagai berikut KODE/TANGGAL/NOMOR URUT. Sebagai contoh, pencatatan untuk transaksi permintaan barang akan mendapatkan nomor transaksi PB/250505/0001

2. Empat digit angka paling belakang merepresentasikan nomor urut transaksi pada tanggal tersebut dan akan reset secara otomatis saat berganti hari

3. Jika Anda melakukan lebih dari 9999 transaksi dalam satu hari, nomor urut akan otomatis bertambah satu digit di depan dan bertambah sesuai urutan. Contoh: Transaksi permintaan barang ke-10.000 pada tanggal 5 Mei 2025 akan mendapat nomor transaksi PB/250505/10000

4. Jika memilih untuk mengosongkan nomor transaksi pada saat pencatatan, kolom akan diisi secara otomatis oleh sistem majoo

5. Anda dapat mengubah format penomoran sesuai dengan kebutuhan dan melakukan simpan transaksi. Namun demikian, sistem akan otomatis melanjutkan nomor transaksi sesuai urutan terakhir dari format yang benar. 

Contoh kasus: 

  • Transaksi ke-1: Permintaan pembelian mendapat nomor transaksi otomatis PB/250505/0001 dari sistem
  • Transaksi ke-2: Anda memutuskan untuk mengubah format menjadi PB/25/001
  • Transaksi ke-3: Sistem akan otomatis melanjutkan urutan dari pencatatan terakhir dengan format yang sesuai, di mana transaksi ini akan mendapat nomor PB/250505/0002

6. Nomor transaksi tidak dapat digunakan ulang, meskipun transaksi tersebut sudah di-void

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo