Informasi Umum
Mode Grid merupakan mode tampilan default yang akan otomatis tampil ketika Anda pertama kali login ke aplikasi POS majoo. Tampilan ini cocok digunakan untuk outlet yang bergerak di bidang usaha FnB, kafe, warung, restoran, dan sejenisnya. Hal ini karena kasir bisa dengan jelas melihat foto thumbnail produk dalam ukuran besar. Selain itu, kategori produk bisa dengan mudah dipilih melalui deretan tombol di sisi kiri layar.
Menggunakan Menu Kategori Produk
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan menu kategori produk pada mode Grid di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama, fokus ke sisi kiri layar untuk melihat menu Kategori Produk
3. Terdapat beberapa jenis kategori yang bisa dipilih, yakni:
- Semua Kategori: Aplikasi POS akan menampilkan produk dari semua kategori
- Favorit: Aplikasi hanya akan menampilkan produk yang telah di-setting sebagai ‘favorit’
- Produk Paket: Aplikasi akan menampilkan produk paket yang sebelumnya telah diatur di dashboard
- Promo: Aplikasi akan menampilkan daftar program promo yang tengah aktif
- Deposit: Aplikasi akan menampilkan daftar produk deposit yang bisa dibeli pelanggan
- Kategori lain: Kategori produk yang tampil setelah produk deposit akan menyesuaikan dengan pengaturan kategori produk yang sebelumnya telah dibuat di dashboard
4. Untuk membuat tampilan menu kategori produk menjadi lebih ringkas, Anda bisa menekan tombol di sudut kiri atas layar. Daftar kategori produk akan seketika menjadi lebih ramping, dengan tampilan ikon yang mempermudah navigasi.
Menggunakan Search Bar
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pencarian produk berdasarkan nama produk maupun kode SKU menggunakan search bar di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama, fokus ke bagian atas layar. Anda akan melihat tulisan Cari.
3. Tap di bagian tersebut dan keyboard sentuh akan otomatis tampil di bagian bawah layar.
4. Selanjutnya Anda cukup mengetikkan nama maupun kode SKU produk untuk melakukan pencarian. Metode ini akan berguna ketika kasir Anda ingin melakukan input pesanan untuk produk tertentu secara spesifik.
Mencatat Pesanan Custom Amount
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat pesanan custom amount. Cara ini bisa digunakan ketika kasir ingin meng-input transaksi untuk produk yang belum terdaftar di dashboard:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama kasir, tekan tombol tiga titik di sisi kanan bawah layar
3. Pilih opsi Custom Amount
4. Layar akan menampilkan pop-up Custom Amount. Isi semua keterangan yang dibutuhkan, termasuk di antaranya kuantitas penjualan, harga, dan catatan. Begitu selesai, tekan Simpan.
5. Jika semua dilakukan dengan benar, produk custom amount akan otomatis tercatat. Anda bisa langsung melanjutkan ke proses pembayaran.
Menghapus Pesanan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus pesanan melalui di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama kasir, catat pesanan seperti biasa
3. Jika kemudian karena beberapa hal Anda ingin menghapus pesanan yang sudah tercatat, cukup tekan tombol tiga titik di sisi kanan bawah layar
4. Pilih opsi Hapus Pesanan
5. Layar akan menampilkan pop-up Hapus Pesanan, tekan Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman awal. Sementara itu, bagian bawah layar akan menampilkan pesan Pesanan berhasil dihapus.
Mengunci Layar Kasir
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengunci layar kasir aplikasi POS majoo. Ketika kasir dalam kondisi terkunci, pencatatan transaksi maupun operasi lain tidak akan bisa dilakukan hingga terjadi proses unlock:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama kasir, tekan ikon berbentuk gembok di bagian atas layar
3. Aplikasi akan menampilkan pop-up Kunci Layar, tekan Lanjutkan untuk mengkonfirmasi
4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman Layar Terkunci. Halaman kasir akan bisa diakses lagi setelah kasir memasukkan kode PIN.
Mengganti Mode Tampilan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengganti mode tampilan di aplikasi kasir majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Anda akan diarahkan ke tampilan default dengan Mode Grid
3. Untuk mengganti mode tampilan, tekan tombol menu di sisi kiri ikon gembok di bagian atas layar
4. Aplikasi akan menampilkan pop-up Pilih Mode. Terdapat total tujuh opsi yang bisa dipilih:
- Grid: Tampilan default dengan thumbnail foto produk berukuran besar
- SKU: Tampilan kasir akan fokus kode SKU produk, cocok untuk usaha bertipe ritel
- Meja: Tampilan kasir dengan denah meja, pas digunakan di usaha restoran maupun FnB
- E-Commerce: Tampilan kasir untuk memudahkan dalam pengelolaan transaksi dari platform marketplace
- Reservasi: Tampilan untuk memudahkan dalam me-manage reservasi pesanan
- Jasa: Mode tampilan untuk mencatat transaksi produk jasa
- Buku Menu: Mode tampilan yang berfokus pada tampilan kategori produk yang lebih beragam. Cocok untuk bisnis dengan katalog produk yang masif.
5. Tekan salah satu opsi dan aplikasi akan otomatis menampilkan mode terkait
Menambahkan Pelanggan ke Dalam Transaksi
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan data pelanggan ke dalam pencatatan transaksi:
1. Login ke aplikasi majoo
2. Setelah masuk ke tampilan utama kasir, tekan tombol +Pelanggan
3. Aplikasi akan menampilkan pop-up Pilih Pelanggan. Pilih salah satu nama pelanggan sesuai kebutuhan
4. Jika semua dilakukan dengan benar, nama pelanggan terpilih akan tampil di sisi kanan layar
5. Untuk mengganti atau menghapus pelanggan dari transaksi, Anda cukup tekan di nama pelanggan terpilih. Selanjutnya aplikasi akan menampilkan dua opsi: Ganti Pelanggan dan Tanpa Pelanggan. Pilih salah satu opsi sesuai dengan kebutuhan.
Memeriksa Status Koneksi
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memeriksa status koneksi aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk ke halaman utama kasir, fokus ke bagian atas layar
3. Jika aplikasi kasir terkoneksi ke jaringan Internet, Anda akan melihat indikator bertuliskan Status: Online
4. Jika aplikasi kasir sedang tidak terkoneksi ke jaringan Internet atau mengalami kendala koneksi, Anda akan melihat indikator bertuliskan Status: Offline. Segera lakukan pengecekan jaringan atau koneksi ulang.
5. Keterangan serupa juga akan muncul ketika Anda menggunakan tablet dengan koneksi local server. Jika koneksi local server tersambung dengan baik, layar akan menampilkan indikator Local Server: Online
6. Sebaliknya jika koneksi local server tidak tersambung, layar akan menampilkan indikator Local Server: Offline. Segera lakukan pemeriksan koneksi untuk memastikan semua data transaksi tersinkronisasi dengan baik.