search icon
Navigasi Kasir
Mode Grid
Mode SKU
Mode E-Commerce
Mode Table
Mode Reservasi
Mode Buku Menu
Mode Kitchen Display
Mencatat Pesanan
Mencatat Reservasi
Notifikasi Reservasi
Tambah Reservasi
Tambah Reservasi dengan Data Tambahan
Appointment
Memproses Pembayaran
Mengaplikasikan Promo
Laporan Aplikasi Kasir
Void
Refund
Sinkronisasi

Informasi Umum

Untuk memastikan pelanggan hadir di outlet pada hari dan jam reservasi yang ditentukan, Anda bisa mengatur agar sistem mengirimkan notifikasi atau pengingat. Notifikasi ini bisa diatur agar dikirimkan secara otomatis atau manual, bergantung pada kebutuhan outlet. Pada bagian ini, Anda akan menemukan semua panduan yang dibutuhkan untuk melakukan pengaturan notifikasi reservasi. 

Pengaturan Akun Broadcast Whatsapp 

Sistem reservasi di majoo memungkinkan pengiriman notifikasi untuk pengingat maupun pemberitahuan perubahan. Informasi ini akan dikirimkan secara otomatis via broadcast Whatsapp dengan nomor kontak yang bisa diatur sesuai kebutuhan outlet

Namun demikian, Anda wajib melakukan pengaturan integrasi nomor kontak Whatsapp  terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya: 

1. Login ke dashboard dan masuk ke menu Pengaturan Nomor (Loyalty > Broadcat Whatsapp > Pengaturan Nomor)

2. Setelah masuk halaman Pengaturan Nomor Broadcastklik tombol Tambah Nomor

3. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Tambah Nomor Whatsapp. Di sini Anda bisa mulai menambahkan beberapa informasi yang dibutuhkan untuk menambahkan nomor broadcast Whatsapp, termasuk di antaranya pilihan outlet, kode nama untuk nomor, nomor kontak Whatsapp, dan deskripsi. 

Jangan lupa untuk mengaktifkan toggle Status untuk memastikan nomor kontak Whatsapp dalam kondisi aktif. Setelah yakin dengan semua pengaturan, klik Selanjutnya

4. Pada langkah berikutnya Anda akan diminta untuk melakukan autentikasi Whatsapp. Terdapat dua cara yang bisa digunakan untuk menyelesaikan proses ini. Pertama-tama, Anda bisa membuka aplikasi Whatsapp di smartphone, tekan tombol titik tiga dan pilih opsi Linked Devices atau Perangkat Terhubung. Selanjutnya tekan tombol Linked Devices atau Perangkat Terhubung, lalu scan kode QR yang muncul di dashboard. Jika mengalami kesulitan, Anda bisa klik tulisan Lihat Video Tutorial untuk melihat contoh dalam bentuk video

5. Setelah kode QR di-scan, layar dashboard akan menampilkan animasi loading. Tunggu hingga proses selesai. 

6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar dan bisa klik tombol Selanjutnya di sudut kanan bawah layar

7Cara kedua, Anda bisa melakukan autentikasi dengan menggunakan nomor telepon. Klik opsi Autentikasi Dengan Nomor Telepon.

6. Selanjutnya layar akan menampilkan jendela pop-up untuk pengisian kode negara dan nomor kontak Whatsapp. Isikan informasi yang dibutuhkan, lalu klik Simpan

7. Anda akan diarahkan kembali ke halaman sebelumya dan layar akan menampilkan kode verifikasi. Selanjutnya buka aplikasi Whatsapp di smartphone Anda, klik tanda titik tiga dan pilih opsi Linked Device atau Perangkat Terhubung. Lanjutkan dengan tekan tombol Linked Device atau Perangkat Terhubung, lalu masukkan kode verifikasi yang muncul di layar. 

8. Setelah memasukkan kode verifikasi, layar dashboard akan menampilkan animasi loading. Tunggu hingga proses selesai. 

9. Jika semua berjalan dengan lancar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Lanjutkan dengan klik Selanjutnya

10. Setelah berhasil melakukan autentikasi akun, Anda akan diminta melakukan langkah terakhir yakni mengirimkan pesan testing. Di sini Anda bisa memasukkan kode negara, nomor ponsel penerima, serta pesan testing. Lanjutkan dengan klik Kirim Pesan Testing

11. Jika semua berjalan dengan lancar, layar dashboard akan menampilkan animasi loading. Tunggu hingga proses selesai. 

12. Setelah pesan testing berhasil dikirim, layar akan menampilkan status Tersimpan. Jika Anda mendapatkan status Gagal, ulangi langkah no.10 hingga Anda mendapatkan status Tersimpan. Selanjutnya Anda bisa klik tombol Simpan di sudut kanan bawah layar. 

13. Layar akan menampilkan jendela pop-upKlik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi. 

14. Selanjutnya Anda akan diarahkan kembali ke halaman Pengaturan Nomor Broadcast dan mendapatkan notifikasi berhasil di sudut kanan atas layar. Pada tahap ini nomor Whatsapp telah berhasil disimpan di dashboard dan Anda sudah bisa mulai melakukan broadcast notifikasi. 

Sebagai catatan, status nomor mungkin akan berubah menjadi Tidak Aktif sewaktu-waktu. Jika ini terjadi, maka Anda perlu melakukan autentikasi ulang. 

Pengaturan Notifikasi

Setelah selesai menyimpan nomor Whatsapp di dashboard, Anda bisa melanjutkan dengan melakukan pengaturan notifikasi reservasi. Pada langkah ini Anda bisa mengatur nomor pengirim pesan, kapan pesan dikirimkan, dan template pesan yang digunakan.Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Login ke dashboard dan pilih opsi Pengaturan > Notifikasi > Pengaturan Notifikasi

2. Setelah masuk ke halaman Pengaturan Notifikasi, lanjutkan dengan klik tulisan Atur Notifikasi pada bagian Notifikasi Reservasi

3. Lanjutkan dengan mengaktifkan toggle Kirim Notifikasi Reservasi

4. Layar akan menampilkan detail pengaturan notifikasi untuk reservasi. Anda bisa mulai dengan menentukan nomor pengirim. Pilih nomor kontak Whatsapp yang sudah didaftarkan sebelumnya. 

5. Selanjutnya Anda bisa mengatur jenis notifikasi otomatis yang akan dikirimkan. Lakukan dengan mengaktifkan toggle sesuai dengan opsi yang paling mewakili kebutuhan outlet

6. Lanjutkan dengan menentukan kapan saja notifikasi otomatis bakal dikirimkan. Anda bisa memilih antara satu hingga tujuh hari sebelum reservasi. 

7. Klik di tab Template Pesan untuk mulai mengatur isi pesan notifikasi yang dikirimkan. Di sini Anda juga bisa menentukan apakah kondisi reservasi akan berulang atau tidak.

Selain itu, Anda juga bisa memeriksa 10 contoh template pesan yang akan dikirimkan secara acak oleh sistem dashboard majoo secara otomatis ke nomor pelanggan. Struktur pesan sengaja dibuat bervariasi untuk menghindari potensi broadcast yang dikirim terindentifikasi oleh Whatsapp sebagai spam

8. Setelah yakin dengan semua pengaturan yang dibuat, klik tombol Simpan di sudut kanan bawah layar. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi berhasil di bagian kanan atas. 

9. Begitu merampungkan semua pengaturan ini, pesan notifikasi akan secara otomatis dikirimkan melalui Whatsapp - tiap kali Anda mencatat reservasi melalui aplikasi POS

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo