search icon
Navigasi Kasir
Mode Grid
Mode SKU
Mode E-Commerce
Mode Table
Mode Reservasi
Mode Buku Menu
Mode Kitchen Display
Mencatat Pesanan
Mencatat Reservasi
Notifikasi Reservasi
Tambah Reservasi
Tambah Reservasi dengan Data Tambahan
Appointment
Memproses Pembayaran
Mengaplikasikan Promo
Laporan Aplikasi Kasir
Void
Refund
Sinkronisasi

Informasi Umum

Kitchen Display adalah mode tampilan aplikasi POS yang akan memudahkan pegawai di bagian dapur untuk mengerjakan pesanan sesuai dengan urutan dan detail yang tepat. Anda bisa menempatkan satu tablet tampilan kitchen display di area dapur untuk memastikan semua pengerjaan pesanan bisa berlangsung secara efisien. 

Karyawan dengan Hak Akses Kitchen Display

Untuk bisa mengaktifkan mode tampilan kitchen display di aplikasi POS, pertama-tama Anda harus menentukan terlebih dahulu akun atau karyawan yang akan memiliki hak akses kitchen display. Berikut adalah beberapa langkah untuk melakukannya: 

1. Login ke dashboard majoo dan pilih opsi Lainnya > Pengaturan

2. Selanjutnya pilih menu Karyawan > Daftar Karyawan

3. Setelah masuk halaman Akses Karyawanklik tombol menu (tiga titik) di nama karyawan yang ingin diberikan hak akses kitchen display, lalu pilih Ubah

4. Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Ubah Akses Karyawan

5. Selanjutnya klik di bagian Hak Akses dan pilih opsi Kitchen

6. Berikutnya klik Simpan 

7. Layar akan menampilkan pesan pop-upklik Ya, Lanjutkan untuk melakukan konfirmasi

8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan otomatis diarahkan ke halaman Akses Karyawan dan mendapatkan notifikasi bahwa perubahan telah berhasil disimpan. Selanjutnya Anda bisa login dengan akun karyawan terkait untuk mengaktifkan mode tampilan kitchen display di aplikasi POS majoo.

Mengaktifkan Mode Kitchen Display

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengaktifkan mode kitchen display di aplikasi POS: 

1. Login ke aplikasi POS majoo 

2. Pada halaman Pilih Karyawan, pilih pegawai dengan hak akses kitchen dan masukkan PIN yang sesuai

3. Jika semua dilakukan dengan benar, layar aplikasi POS akan otomatis mengarahkan Anda ke mode tampilan kitchen display

Pengaturan Tampilan dan Filter Kitchen Display

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pengaturan tampilan dan filter di mode kitchen display:

1. Berikut ini adalah contoh tampilan ketika ada beberapa pesanan masuk. Warna hijau menandakan bahwa pesanan baru saja masuk. Pada bagian atas layar, Anda bisa melihat kode warna sebagai penanda untuk status setiap pesanan. 

Kuning berarti pesanan sedang diproses. Biru menandakan pesanan sudah selesai. Hitam menandakan Sementara jingga mengindikasikan bahwa pesanan dibatalkan atau void

2. Anda bisa menekan tombol status di bagian atas layar untuk menampilkan daftar order sejenis. Pada contoh di bawah ini, kasir menekan status Order dan layar otomatis menampilkan semua pesanan dengan status ‘order’ (warna hijau). 

3. Untuk membuat mode kitchen display menampilkan daftar pesanan berdasarkan waktu dan label tertentu, tekan ikon filter yang ada di sudut kanan atas layar

4. Layar akan otomatis menampilkan jendela pop-up Filter

5. Tekan di bagian kalender untuk menampilkan daftar order dari periode waktu tertentu. Anda bisa menentukan tanggal awal dan tanggal akhir secara manual atau menggunakan preset yang disediakan sistem (hari ini, minggu lalu, bulan lalu, dll).

6. Pada bagian status, berikan tanda ceklis pada status order yang ingin ditampilkan di layar. Dalam contoh pengaturan di bawah ini, kitchen display hanya akan menampilkan pesanan dengan status Proses dan Selesai

7. Pada bagian Jenis Order, berikan tanda ceklis pada jenis pesanan yang ingin ditampilkan di layar. Dalam contoh pengaturan di bawah ini, layar akan menampilkan pesanan dari semua jenis order

8. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Terapkan untuk mengaplikasikan filter. Jika semua dilakukan dengan benar, kitchen display akan menampilkan daftar order sesuai dengan pengaturan filter yang sudah dibuat. 

9. Selanjutnya Anda bisa tekan ikon berbentuk gear di sudut kanan atas untuk melakukan pengaturan tambahan

10. Layar akan otomatis menampilkan jendela pop-up Atur Display. Pada bagian Nama Display, Anda bisa mengatur nama yang akan digunakan untuk kitchen display terkait. Nama ini nantinya akan tampil ketika Anda hendak menyambungkan perangkat kitchen display ke perangkat POS. 

Sementara itu pada bagian Tampilan, Anda bisa memilih jenis tampilan yang digunakan untuk menampilkan card/tiket pesanan. Terdapat dua opsi yang bisa dipilih, yakni 3 kolom 1 baris atau 3 kolom 2 baris. 

11.Aktifkan toggle di bagian Waktu Proses Order untuk membuat kitchen display menampilkan perhitungan waktu dihabiskan (elapsed time) yang dimulai sejak card/tiket pesanan masuk dan berakhir saat pesanan berstatus Selesai atau Diambil. Fitur ini akan membantu pegawai bagian dapur untuk bekerja dengan lebih efisien dan tepat waktu. 

12. Berikan tanda ceklis pada bagian Batas Waktu Peringatan dan Batas Waktu Keterlambatan untuk membuat kitchen display memberikan notifikasi pada saat order mencapai batas waktu tertentu. Anda juga bisa mengatur waktu untuk kedua kondisi tersebut secara spesifik. 

Pada contoh pengaturan di bawah ini sistem akan otomatis mengirimkan peringatan untuk segera menyelesaikan pesanan, tiga menit setelah card/tiket masuk. Sementara itu pesanan akan otomatis dianggap terlambat jika lima menit setelah card/tiket masuk, pesanan masih belum selesai. 

13. Terakhir, aktifkan toggle di bagian Tampilkan Waktu Proses Per Produk. Ketika diaktifkan, indikator waktu dihabiskan (time elapsed) akan tampil untuk setiap produk dalam satu card/tiket pesanan. 

14. Jika sudah yakin dengan semua pengaturan, tekan Simpan. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman awal dan kitchen display akan menampilkan mode tampilan sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat. 

Memproses Order di Kitchen Display

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memproses order atau pesanan di kitchen display:

1. Login ke aplikasi kasir dan pilih tampilan kitchen display. Ketika ada pesanan masuk, layar akan otomatis menampilkan card/tiket baru dengan kode warna hijau (order)

2. Untuk memproses pesanan, tap di card/tiket terkait

3. Layar akan otomatis menampilkan jendela pop-up berisi daftar produk yang dipesan. Selanjutnya Anda bisa mengubah status untuk masing-masing produk, sesuai dengan kondisi di dapur (diproses, selesai, diambil, dan lain sebagainya). 

4. Jika Anda mengaktifkan pengaturan Waktu Proses Per Produk, daftar ini akan menampilkan waktu yang telah dihabiskan untuk mengerjakan pesanan produk terkait. Indikator waktu berwarna merah menandakan bahwa proses pengerjaan pesanan produk tersebut telah melebihi batas waktu keterlambatan yang sudah diatur sebelumnya. 

Pada contoh di bawah ini, proses pengerjaan pesanan Irish Coffee menghabiskan waktu 4 menit 59 detik. Sementara itu, pengerjaan pesanan Coconut Ice sudah menghabiskan waktu 8 menit 21 detik atau melebihi batas keterlambatan.

5. Setelah selesai melakukan perubahan status produk, tekan Simpan

6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman sebelumnya dan warna status produk akan berubah sesuai pengaturan yang dilakukan (kuning berarti diproses, biru berarti selesai, hitam berarti diambil, dan jingga berarti void). 

7. Ulangi langkah 2-5, hingga status semua produk berubah menjadi Selesai, Diambil, atau Batal. Selanjutnya status card/tiket pesanan utama akan mengikuti. 

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo