Transaksi Shopee
Untuk memproses pesanan yang masuk dari Shopee, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:
1. Dari halaman utama, tekan tombol Daftar Order
2. Pilih pesanan berlogo Shopee dan tekan Alamat Pengiriman
3. Layar akan menampilkan detail nama, nomor kontak, dan alamat penerima. Anda bisa tekan Cetak Alamat untuk memulai proses printing label alamat
4. Tekan tanda panah di bagian Detail Pengiriman untuk melihat produk yang dipesan. Selanjutnya tekan Atur Pengiriman untuk memulai proses pengiriman.
5. Selanjutnya pilih apakah paket akan diantar sendiri ke counter atau di-pick up oleh pihak ekspedisi
6. Jika memilih Saya Antar ke Counter, Anda akan mendapatkan kode booking resi. Sampaikan kode tersebut ke pihak ekspedisi dan Anda tidak perlu membayar apapun untuk mengirimkan paket ke konsumen
7. Jika memilih Saya Akan Gunakan Jasa Pick-Up, Anda akan diminta untuk memilih rentang waktu pick-up
8. Selanjutnya status pesanan akan otomatis berubah menjadi Dikirim
9 Ketika pesanan sampai di customer, statusnya akan berubah menjadi selesai. Tekan tombol Selesai untuk memastikan pesanan tercatat di dalam daftar penjualan.
10. Jika customer tidak puas dengan barang yang diterima, status pesanan akan berubah menjadi komplain dan tidak masuk dalam penjualan.
11. Anda juga bisa melakukan pembatalan pesanan dengan menekan tombol Batalkan Pesanan dan melakukan konfirmasi
12. Jika karena suatu hal pesanan dibatalkan oleh sistem atau pembeli, statusnya akan tampil seperti di bawah ini