Informasi Umum
Aplikasi POS majoo juga memiliki fitur pencatatan refund atau pengembalian dana. Fitur ini akan berguna ketika ada transaksi yang sudah tercatat lunas, namun terpaksa dilakukan pengembalian dana ke customer karena beberapa sebab (komplain, pesanan tidak sesuai, dan lain sebagainya).
Melakukan Refund
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pencatatan refund melalui aplikasi POS majoo:
1. Buka aplikasi POS majoo dan masuk ke menu Penjualan (tekan tombol menu di sudut kiri atas layar dan pilih opsi Penjualan)
2. Setelah layar menampilkan daftar transaksi yang sudah lunas, tekan nama transaksi yang ingin di-refund
3. Setelah masuk ke halaman Detail Penjualan, klik Refund
4. Berikutnya berikan tanda ceklis pada produk yang ingin di-refund dan tentukan jumlahnya. Setelah yakin dengan pengaturan yang dibuat, tekan Lanjut.
5. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan metode refund, otorisasi (PIN dan kode), dan alasan refund. Tambahkan catatan jika diperlukan. Jangan lupa untuk mengaktifkan toggle Kembalikan Stok Produk (jika Anda ingin stok barang yang di-refund dicatat kembali sebagai stok sisa) dan Kembalikan Ongkos Kirim (jika transaksi melibatkan proses pengiriman). Setelah selesai, klik Proses.
6. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi, tekan Lanjutkan
7. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Detail Penjualan dan mendapatkan notifikasi berhasil di bagian bawah layar. Selain itu, transaksi terkait akan mendapatkan status Refund.
Melihat Riwayat Refund
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membaca catatan riwayat refund dari transaksi tertentu:
1. Masuk ke aplikasi POS majoo dan buka menu Penjualan (tekan tombol menu di sudut kiri atas layar dan pilih opsi Penjualan)
2. Setelah masuk ke halaman Penjualan, tekan nama transaksi yang ingin dibaca riwayat refund-nya
3. Setelah masuk ke halaman Detail Transaksi, tekan Riwayat
4. Anda akan diarahkan ke halaman Riwayat. Di sini Anda bisa secara detail membaca riwayat retur untuk transaksi terkait. Mulai dari hari dan tanggal melakukan retur, alasan refund, siapa yang melakukan otorisasi, hingga jenis pembayaran serta persentase refund. Tekan tanda X di sudut kiri atas layar untuk kembali ke halaman sebelumnya.