search icon
Navigasi Kasir
Mode Grid
Mode SKU
Mode E-Commerce
Mode Table
Mode Reservasi
Mode Buku Menu
Mode Kitchen Display
Mode Warehouse Display
Mencatat Pesanan
Mencatat Reservasi
Notifikasi Reservasi
Tambah Reservasi
Tambah Reservasi dengan Data Tambahan
Appointment
Memproses Pembayaran
Pembayaran Tunai
Pisah Jumlah
Pisah Produk
Transfer
Komplimen
QRIS majoo
QRIS lainnya
Kendala QRIS
Mengaplikasikan Promo
Laporan Aplikasi Kasir
Void
Refund
Sinkronisasi

Informasi Umum

Aplikasi POS majoo juga memiliki fitur pencatatan refund atau pengembalian dana. Fitur ini akan berguna ketika ada transaksi yang sudah tercatat lunas, namun terpaksa dilakukan pengembalian dana ke customer karena beberapa sebab (komplain, pesanan tidak sesuai, dan lain sebagainya). 

Melakukan Refund

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pencatatan refund melalui aplikasi POS majoo: 

1. Buka aplikasi POS majoo dan masuk ke menu Penjualan (tekan tombol menu di sudut kiri atas layar dan pilih opsi Penjualan)

2. Setelah layar menampilkan daftar transaksi yang sudah lunas, tekan nama transaksi yang ingin di-refund

3. Setelah masuk ke halaman Detail Penjualanklik Refund 

4. Berikutnya berikan tanda ceklis pada produk yang ingin di-refund dan tentukan jumlahnya. Setelah yakin dengan pengaturan yang dibuat, tekan Lanjut

5. Setelah itu Anda akan diminta untuk melakukan pengaturan metode refund, otorisasi (PIN dan kode), dan alasan refund. Tambahkan catatan jika diperlukan. Jangan lupa untuk mengaktifkan toggle Kembalikan Stok Produk (jika Anda ingin stok barang yang di-refund dicatat kembali sebagai stok sisa) dan Kembalikan Ongkos Kirim (jika transaksi melibatkan proses pengiriman). Setelah selesai, klik Proses.

6. Layar akan menampilkan jendela konfirmasi, tekan Lanjutkan

7. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Detail Penjualan dan mendapatkan notifikasi berhasil di bagian bawah layar. Selain itu, transaksi terkait akan mendapatkan status Refund

Melihat Riwayat Refund 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membaca catatan riwayat refund dari transaksi tertentu: 

1. Masuk ke aplikasi POS majoo dan buka menu Penjualan (tekan tombol menu di sudut kiri atas layar dan pilih opsi Penjualan)

2. Setelah masuk ke halaman Penjualan, tekan nama transaksi yang ingin dibaca riwayat refund-nya

3. Setelah masuk ke halaman Detail Transaksi, tekan Riwayat

4. Anda akan diarahkan ke halaman Riwayat. Di sini Anda bisa secara detail membaca riwayat retur untuk transaksi terkait. Mulai dari hari dan tanggal melakukan retur, alasan refund, siapa yang melakukan otorisasi, hingga jenis pembayaran serta persentase refund. Tekan tanda X di sudut kiri atas layar untuk kembali ke halaman sebelumnya. 

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo