Informasi Umum
Dalam beberapa kasus tertentu, pembayaran QRIS mungkin akan mengalami kendala seperti dana terlambat masuk atau mutasi tidak sesuai. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gangguan pada jaringan Internet, error pada provider dompet digital, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membantu memahami langkah-langkah yang perlu diambil ketika kendala serupa terjadi di outlet Anda.
Mengatasi Kendala QRIS (Dana Tidak Masuk atau Transaksi Gagal)
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi kendala transaksi QRIS, termasuk di antaranya dana tidak masuk atau transaksi gagal:
1. Segera ambil foto bukti transaksi QRIS dari perangkat yang digunakan oleh pelanggan.
2. Pastikan bahwa nomor RRN (Receiver Registration Number) atau nomor referensi untuk transaksi digital terlihat jelas pada foto yang Anda ambil di langkah pertama.
3. Selain itu pastikan juga bahwa keterangan penting seperti nominal, waktu transaksi, dan metode pembayaran bisa terbaca dengan baik.
4. Hubungi layanan pelanggan majoo 1500 460 (panggilan telepon) atau 0811500460 (chat Whatsapp). Gunakan foto bukti transaksi untuk memperkuat klaim dan memudahkan kroscek.
5. Simpan baik-baik foto bukti transaksi dan jangan pernah menghapusnya hingga kendala Anda terselesaikan.
6. Proses penyelesaian klaim akan memakan waktu kurang lebih 3-5 hari kerja sejak Anda mendapatkan nomor tiket
Contoh Foto Bukti Transaksi
Berikut ini adalah contoh foto bukti transaksi QRIS dari beberapa provider dompet digital di Indonesia. Bagian yang ditandai merah memuat RRN (Receiver Registration Number). Kode RRN akan membantu proses klaim dan kroscek ketika Anda melakukan permintaan refund, pemeriksaan transaksi, maupun penyelesaian kendala lain terkait transaksi QRIS.
Selalu pastikan bahwa foto yang Anda ambil berkualitas dan mencantumkan kode RRN atau nomor transaksi yang bisa terbaca dengan jelas. Hal ini akan memudahkan proses penyelesaikan kendala terkait transfer QRIS tidak masuk, mutasi berbeda, maupun masalah lainnya.
1. DANA
2. ShopeePay
3. OVO. Khusus untuk provider OVO, halaman bukti transaksi tidak akan menampilkan kode RRN secara gamblang. Namun demikian, pastikan foto yang Anda ambil memuat kode transaksi yang bisa dibaca dengan jelas.
4. LinkAja
5. GoPay
6. BCA. Bukti transaksi untuk pembayaran QRIS BCA melalui aplikasi Mobile BCA bisa diakses dengan membuka opsi QRIS > Inbox > memilih transaksi terkait.
7. Octo Mobile/CIMB
8. CIMB Niaga
9. Doku
10. Bank Syariah Indonesia (BSI). Bukti transaksi bisa diakses dengan membuka halaman Inbox QR di aplikasi terkait.
11. Jenius. Bukti pembayaran QRIS melalui aplikasi Jenius bisa diakses dengan membuka bagian Money In & Out atau History.
12. Bank Nasional Indonesia (BNI). Bukti pembayaran QRIS BNI bisa diakses dengan membuka menu QR Inbox di aplikasi terkait
13. BRI (Bank Rakyat Indonesia)
14. i.Saku
15. Bank Jatim
16. Bank Tabungan Negara (BTN)
17. Bank DKI/JakOne
18. Bank Sinarmas
19. Bank Hana/Line Bank. Sama seperti OVO, bukti pembayaran QRIS dari provider ini tidak secara jelas mencantumkan kode RRN. Namun demikian, pastikan bahwa bukti transaksi yang Anda pegang memuat informasi kode PAN Merchant yang bisa dibaca dengan jelas.
20. TMRW (Bank UOB). Bukti pembayaran dari provider ini biasanya akan dikirimkan melalui email, segera setelah transaksi selesai dilakukan.
21. Bank Danamon.
22. Livin by Mandiri.
23. SeaBank.
24. Blu by BCA.
25. Bank BJB.
26. Permata Bank.
27. Kredivo