search icon
Navigasi Kasir
Mode Grid
Mode SKU
Mode E-Commerce
Mode Table
Mode Reservasi
Mode Buku Menu
Mode Kitchen Display
Mode Warehouse Display
Mencatat Pesanan
Mencatat Reservasi
Notifikasi Reservasi
Tambah Reservasi
Tambah Reservasi dengan Data Tambahan
Appointment
Memproses Pembayaran
Pembayaran Tunai
Pisah Jumlah
Pisah Produk
Transfer
Komplimen
QRIS majoo
QRIS lainnya
Kendala QRIS
Mengaplikasikan Promo
Laporan Aplikasi Kasir
Void
Refund
Sinkronisasi

Informasi Umum

Dalam beberapa kasus tertentu, pembayaran QRIS mungkin akan mengalami kendala seperti dana terlambat masuk atau mutasi tidak sesuai. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti gangguan pada jaringan Internet, error pada provider dompet digital, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membantu memahami langkah-langkah yang perlu diambil ketika kendala serupa terjadi di outlet Anda.

Mengatasi Kendala QRIS (Dana Tidak Masuk atau Transaksi Gagal)

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi kendala transaksi QRIS, termasuk di antaranya dana tidak masuk atau transaksi gagal:

1. Segera ambil foto bukti transaksi QRIS dari perangkat yang digunakan oleh pelanggan. 

2. Pastikan bahwa nomor RRN (Receiver Registration Number) atau nomor referensi untuk transaksi digital terlihat jelas pada foto yang Anda ambil di langkah pertama.

3. Selain itu pastikan juga bahwa keterangan penting seperti nominal, waktu transaksi, dan metode pembayaran bisa terbaca dengan baik.

4. Hubungi layanan pelanggan majoo 1500 460 (panggilan telepon) atau 0811500460 (chat Whatsapp). Gunakan foto bukti transaksi untuk memperkuat klaim dan memudahkan kroscek. 

5. Simpan baik-baik foto bukti transaksi dan jangan pernah menghapusnya hingga kendala Anda terselesaikan.

6. Proses penyelesaian klaim akan memakan waktu kurang lebih 3-5 hari kerja sejak Anda mendapatkan nomor tiket

Contoh Foto Bukti Transaksi

Berikut ini adalah contoh foto bukti transaksi QRIS dari beberapa provider dompet digital di Indonesia. Bagian yang ditandai merah memuat RRN (Receiver Registration Number). Kode RRN akan membantu proses klaim dan kroscek ketika Anda melakukan permintaan refund, pemeriksaan transaksi, maupun penyelesaian kendala lain terkait transaksi QRIS. 

Selalu pastikan bahwa foto yang Anda ambil berkualitas dan mencantumkan kode RRN atau nomor transaksi yang bisa terbaca dengan jelas. Hal ini akan memudahkan proses penyelesaikan kendala terkait transfer QRIS tidak masuk, mutasi berbeda, maupun masalah lainnya.  

 

1. DANA

2. ShopeePay

3. OVO. Khusus untuk provider OVO, halaman bukti transaksi tidak akan menampilkan kode RRN secara gamblang. Namun demikian, pastikan foto yang Anda ambil memuat kode transaksi yang bisa dibaca dengan jelas. 

4. LinkAja

5. GoPay

6. BCA. Bukti transaksi untuk pembayaran QRIS BCA melalui aplikasi Mobile BCA bisa diakses dengan membuka opsi QRIS > Inbox > memilih transaksi terkait. 

7. Octo Mobile/CIMB

8. CIMB Niaga

Niaga_1_.png

9. Doku

10. Bank Syariah Indonesia (BSI). Bukti transaksi bisa diakses dengan membuka halaman Inbox QR di aplikasi terkait. 

11. Jenius. Bukti pembayaran QRIS melalui aplikasi Jenius bisa diakses dengan membuka bagian Money In & Out atau History.

 

12. Bank Nasional Indonesia (BNI). Bukti pembayaran QRIS BNI bisa diakses dengan membuka menu QR Inbox di aplikasi terkait 

13. BRI (Bank Rakyat Indonesia)

14. i.Saku

15. Bank Jatim

16. Bank Tabungan Negara (BTN)

17. Bank DKI/JakOne

18. Bank Sinarmas

19. Bank Hana/Line Bank. Sama seperti OVO, bukti pembayaran QRIS dari provider ini tidak secara jelas mencantumkan kode RRN. Namun demikian, pastikan bahwa bukti transaksi yang Anda pegang memuat informasi kode PAN Merchant yang bisa dibaca dengan jelas. 

Hana_.png

20. TMRW (Bank UOB). Bukti pembayaran dari provider ini biasanya akan dikirimkan melalui email, segera setelah transaksi selesai dilakukan. 

21. Bank Danamon.

22. Livin by Mandiri.

23. SeaBank.

 mceclip0.png

24. Blu by BCA

mceclip0.png

25. Bank BJB

26. Permata Bank.

27. Kredivo

Footer support

Pustaka majoo

Isi Form dibawah ini untuk download pustaka

format: 62xxxxxxxx
Batal
Icon close

Temukan Paket Paling Tepat untuk Bisnismu

Isi form berikut untuk membantu kami tentukan paket paling sesuai dengan jenis dan skala bisnismu.
solusi bisnis form

+62
Selamat datang di majoo 👋 Hubungi konsultan kami untuk pertanyaan dan info penawaran menarik
whatsapp logo