Informasi Umum
Ketika tampilan mode SKU diaktifkan, aplikasi POS majoo akan menampilkan daftar produk yang disortir berdasarkan kode SKU. Mode tampilan ini akan pas digunakan untuk merchant yang bergerak di bidang ritel. Kasir akan bisa dengan cepat melakukan pencarian produk dengan memasukkan kode SKU di search bar.
Mengaktifkan Mode SKU
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengaktifkan mode SKU di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Dari halaman utama kasir (mode grid), tekan tombol menu yang berada di sisi kiri ikon gembok
3. Layar akan menampilkan pop-up Piih Mode. Pilih opsi SKU.
4. Aplikasi POS majoo akan otomatis menampilkan mode SKU, di mana daftar produk akan disortir berdasarkan nama produk, kode SKU, jumlah stok, dan harga
5. Untuk kembali ke tampilan awal, ulangi langkah ke-2 dan pilih opsi Grid
Menggunakan Search Bar
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan search bar di tampilan mode SKU di aplikasi POS majoo. Fitur ini berguna untuk melakukan pencarian produk secara cepat:
1. Login ke aplikasi POS majoo dan aktifkan mode SKU
2. Dari halaman utama, Anda akan melihat tampilan search bar dengan tulisan Cari di bagian atas layar
3. Tap di search bar untuk mulai melakukan pencarian berdasarkan nama produk maupun kode SKU
4. Layar akan otomatis menampilkan daftar produk yang mengandung kata kunci pencarian. Anda bisa tap di produk terkait untuk memasukkannya ke dalam catatan transaksi.
Mencatat Pesanan Custom Amount
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat pesanan custom amount di mode tampilan SKU di aplikasi POS majoo. Fitur ini berguna ketika kasir ingin mencatat pesanan untuk produk yang belum terdaftar di dashboard:
1. Login ke aplikasi POS majoo dan aktifkan mode SKU
2. Setelah masuk ke halaman utama, tekan tombol tiga titik
3. Pilih opsi Custom Amount
4. Aplikasi akan menampilkan pop-up Custom Amount. Isi semua keterangan yang dibutuhkan, termasuk di antaranya kuantitas produk, harga, dan catatan. Selesaikan dengan tekan Simpan.
5. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama dan produk custom amount akan otomatis masuk dalam daftar catatan pesanan.
Menghapus Pesanan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus pesanan di mode tampilan SKU di aplikasi POS majoo:
1. Dari halaman utama, tekan tombol tiga titik di kanan bawah layar. Pastikan sudah ada produk yang terpilih di catatan pesanan.
2. Pilih opsi Hapus Pesanan
3. Aplikasi akan menampilkan pop-up Hapus Pesanan. Tekan Lanjutkan untuk mengkonfirmasi.
4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman utama. Sementara itu, bagian bawah layar akan menampilkan pesan Pesanan berhasil dihapus.
Mengunci Layar Kasir
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengunci layar kasir. Fungsi ini akan berguna untuk mencegah pencatatan transaksi tanpa pengawasan, terutama ketika kasir harus meninggalkan area kerjanya untuk beberapa saat:
1. Dari halaman utama, fokus ke sisi kanan atas layar dan tekan ikon berbentuk gembok
2. Aplikasi POS akan menampilkan pop-up Kunci layar. Tekan Lanjutkan untuk mengkonfirmasi
3. Sistem akan menampilkan pesan Layar Terkunci. Dalam kondisi ini, pencatatan transaksi maupun operasi lainnya tidak akan bisa dilakukan sebelum kasir melakukan proses buka kunci dengan memasukkan PIN.
Memeriksa Status Koneksi
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk memeriksa status koneksi aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk halaman utama, fokus ke sisi kiri atas layar
3. Jika aplikasi POS tengah tersambung ke koneksi Internet, Anda akan menemukan tulisan Status: Online tepat di bawah nama outlet
4. Jika aplikasi POS tidak tersambung ke jaringan Internet, Anda akan menemukan tulisan Status: Offline di bawah nama outlet. Segera periksa apakah ada masalah dengan koneksi Internet yang Anda gunakan. Lihat juga apakah perangkat WiFi maupun jaringan lainnya dalam kondisi baik.
5. Status koneksi juga akan tampil ketika Anda menggunakan aplikasi POS dalam mode local server. Ketika koneksi server tersambung, Anda akan mendapatkan status Local Server: Online
6. Sementara jika koneksi sedang bermasah, Anda akan mendapatkan status Local Server: Offline. Jika ini terjadi, periksa apakah pengaturan local server sudah benar dan lakukan tes koneksi ulang.