Aplikasi POS majoo memiliki sejumlah fitur yang bisa membantu Anda untuk melakukan beberapa fungsi dasar manajemen transaksi, termasuk di antaranya menyimpan order, melihat daftar order, melakukan void, dan menghapus pesanan. Dalam artikel berikut ini, Anda akan menemukan petunjuk langkah demi langkah untuk menggunakan semua fitur tersebut.
Login Kasir
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan login kasir di aplikasi POS majoo:
1. Buka aplikasi majoo dan tekan Masuk
2. Input informasi email dan kata sandi di form yang sesuai, lalu tekan Masuk
3. Tunggu proses loading selesai
4. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman login kasir. Tekan Pilih Karyawan dan pilih nama pegawai yang sesuai.
5. Lanjutkan dengan memasukkan kode PIN
6. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman utama kasir dan bisa mulai mencatat transaksi, membaca laporan, maupun melakukan pengaturan lainnya
Mencatat Penjualan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencatat transaksi penjualan di aplikasi POS majoo:
1. Lakukan login kasir hingga Anda sampai di halaman utama kasir
2. Setelah masuk halaman utama, tekan thumbnailproduk sesuai dengan jumlah produk yang dipesan pelanggan. Contoh: Tap satu kali untuk meng-input satu buah produk, tap tiga kali untuk input tiga produk, dan seterusnya.
3. Untuk mengatur detail lain, Anda bisa tap nama produk yang sudah masuk ke dalam daftar pesanan di sisi kanan layar
4. Sistem akan menampilkan pop-upDetail Produk. Tekan di bagian Kuantitas untuk mengatur jumlah produk. Tekan di bagian Satuan untuk memilih satuan produk. Anda juga bisa tekan Hapus untuk menghapus produk dari pesanan. Setelah selesai melakukan pengaturan, tekan Simpan.
5. Tekan Bayar untuk mulai memproses pembayaran
6. Setelah masuk halaman Pembayaran, pilih metode pembayaran sesuai dengan pilihan pelanggan. Pada contoh kali ini, kita akan memilih opsi Uang Pas > Tunai.
7. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Proses Bayar
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan menerima pemberitahuan Transaksi Berhasil. Tekan Selesai untuk kembali ke halaman awal.
Menambahkan Data Pelanggan ke Dalam Catatan Penjualan
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan data pelanggan ke dalam catatan penjualan di aplikasi POS majoo:
1. Login ke aplikasi POS majoo dan input produk yang ingin dibeli pelanggan
2. Selanjutnya tekan +Pelanggan di sudut kanan atas layar
3. Sistem akan menampilkan pop-upPilih Pelanggan. Pilih salah satu nama pelanggan sesuai kebutuhan. Sebagai catatan, daftar nama yang tampil di sini diambil dari nama-nama pelanggan yang telah terdaftar di halaman Daftar Pelanggan di dashboard
4. Jika semua dilakukan dengan benar, nama pelanggan terpilih akan tampil di sudut kanan atas layar
5. Untuk mengganti pengaturan nama pelanggan atau menghapus nama pelanggan dari catatan penjualan, tekan nama pelanggan terpilih dan pilih opsi Ganti Pelanggan atau Tanpa Pelanggan
6. Selanjutnya Anda bisa tekan Bayar untuk memproses pembayaran seperti biasa
Mencetak Struk
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mencetak struk atau bukti tanda terima pembayaran:
1. Lakukan login kasir, lalu catata dan proses pembayaran transaksi
2. Setelah muncul halaman Transaksi Berhasil, tekan Cetak
3. Jika perangkat Anda sudah terkoneksi dengan printer, struk akan otomatis tercetak
4. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencetak struk melalui halaman Penjualan. Dari halaman utama kasir, tekan tombol menu di sisi kiri atas layar lalu pilih opsi Penjualan.
5. Setelah masuk halaman Penjualan, tap nomor transaksi yang ingin dicetak struknya
6. Anda akan diarahkan ke halaman Detail Penjualan, lanjutkan dengan tekan Cetak di sudut kanan atas layar
7. Berikan tanda ceklis di daftar produk
8. Tekan Pilih lalu tekan opsi yang sesuai. Pada contoh kali ini kita akan memilih opsi Print - Struk
9. Sistem akan menampilkan pop-up konfirmasi, tekan Ya, Lanjutkan untuk melanjutkan
10. Jika semua dilakukan dengan benar, tanda terima akan langsung tercetak
Melakukan Refund
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan refund transaksi di aplikasi POS majoo:
1. Lakukan login kasir hingga Anda sampai di halaman utama
2. Tekan tombol menu di sudut kiri atas layar
3. Pilih opsi Penjualan
4. Setelah masuk halaman Penjualan, tekan nomor transaksi yang ingin di-refund
5. Anda akan diarahkan ke halaman Detail Penjualan, lanjutkan dengan tekan Refund di sudut kanan bawah layar
6. Sistem akan menampilkan pop-upRefund. Berikan tanda ceklis pada produk yang akan di-refund, lalu tekan Lanjut
7. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan dengan mengatur metode pengembalian dana (tunai atau nontunai), otorisasi, alasan refund, dan catatan tambahan. Anda juga bisa mengaktifkan sliderKembalikan Stok Produk untuk membuat jumlah stok produk kembali sesuai dengan jumlah refund. Sementara itu, mengaktifkan sliderKembalikan Ongkos Kirim akan membuat biaya delivery ikut masuk dalam catatan refund.
8.Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Proses
9. Sistem akan menampilkan pop-up konfirmasi, tekan Lanjutkan
10. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Detail Penjualan dan mendapatkan notifikasi Refund Berhasil Dilakukan di bagian bawah layar.
Menyimpan Order
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan catatan order di aplikasi POS majoo. Fitur ini akan berguna ketika ada pelanggan yang meminta dilakukan open bill:
1. Lakukan login kasir hingga Anda masuk ke halaman utama
2. Catat pesanan pelanggan seperti biasa, lalu tekan Simpan di sudut kanan bawah layar
3. Anda akan menerima notifikasi Berhasil Simpan Order di bagian bawah layar
4. Lanjutkan dengan tekan Daftar Order
5. Anda akan melihat daftar pesanan yang telah disimpan sebelumnya. Tekan nomor transaksi yang ingin diproses lebih lanjut.
6. Sistem akan mengarahkan Anda ke halaman Detail Order. Untuk menambah pesanan, tekan Tambah Pesanan
7. Anda akan diarahkan ke halaman utama kasir dan bisa menambahkan pesanan seperti biasa
8. Untuk memproses pembayaran, dari halaman Detail Order tekan Bayar
9. Anda akan diarahkan ke halaman Pembayaran dan bisa memproses pembayaran seperti biasa
10. Untuk membatalkan pesanan, dari halaman Detail Order tekan Batalkan
11. Sistem akan menampilkan pop-upBatalkan Pesanan. Lakukan pengaturan otorisasi, PIN/kode, alasan pembatalan, dan catatan tambahan
12. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Proses
13. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan mendapatkan notifikasi yang menyebutkan bahwa transaksi berhasil dibatalkan
Membatalkan Pesanan/Void
Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membatalkan pesanan atau void. Sebagai catatan, void hanya berlaku untuk pesanan yang sudah disimpan namun belum dilunasi. Untuk pesanan yang telah dilunasi, Anda hanya bisa melakukan refund:
1. Login ke aplikasi POS majoo
2. Setelah masuk di halaman utama kasir, tekan Daftar Order di sudut kanan atas layar
3. Di halaman Daftar Order Anda akan melihat daftar pesanan yang sebelumnya sudah disimpan, serta pesanan-pesanan lain yang berasal dari faktur penjualan maupun platform online. Tekan nomor transaksi pesanan yang ingin dibatalkan.
4. Anda akan diarahkan ke halaman Detail Order. Lanjutkan dengan tekan Batalkan
5. Sistem akan menampilkan pop-upBatalkan Pesanan. Lakukan pengaturan otorisasi, PIN/kode, dan alasan pembatalan.
6. Pastikan semua pengaturan sudah benar, lalu tekan Proses
7. Akan muncul pop-upKonfirmasi Pembatalan, tekan Lanjutkan
8. Jika semua dilakukan dengan benar, Anda akan diarahkan kembali ke halaman Daftar Order dan mendapatkan notifikasi Pembatalan Berhasil Dilakukan di bagian bawah layar